Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Thursday, November 21, 2013

Ternyata Tempat Penyimpanan Data Sudah Ada Sejak 5.500 Tahun Lalu

Sebelum ditemukannya penyimpanan data modern seperti flash disk, dikenal lebih dahulu penyimpanan data yang dikenal sebelumnya dengan nama disket. Perkembangan teknologi semakin memanjakan penggunanya sehingga munculah tempat penyimpanan data yang berkapasitas lebih besar dan lebih cepat seperti HDD (Hard Disk Drive).*

Namun sebuah penemuan mengejutkan para arkeolog setelah metode penyimpanan data ternyata sudah ada sekitar 5.500 tahun lalu, demikian seperti dilansir Daily Mail (15/10).

Sebuah tempat penyimpanan yang ditemukan berbentuk seperti bola ditemukan di Choga Mish, Iran. Di dalamnya terlihat sebuah cetakan-cetakan lain dengan berbagai bentuk yang membentuk sebuah kode ditengahnya.

Christopher Woods, seorang profesor dari University of Chicago Oriental Institute, mengatakan bahwa bola-bola dari tanah liat tersebut dapat dikatakan sebagai cikal bakal pemikiran manusia akan tempat penyimpanan data portabel.

Untuk mengetahui segala hal dan menelitinya, para arkeolog menggunakan CT Scan dan pemodelan 3D. Menurut para peneliti, kemungkinan cetakan-cetakan yang disimpan di dalam bola tersebut merupakan hasil dari transaksi atau jual-beli.

Sampai sekarang, selain ingin terus meneliti terkait bola dan juga mengartikan cetakan-cetakan yang ada di dalamnya tersebut.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...