Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Sunday, April 14, 2013

Pria Ini Menghijaukan Hutan Sendirian Selama 30 Tahun

Manusia terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebih hingga mereka lupa akan kelestarian lingkungan. Namun usaha seorang pria asal India ini sungguh luar biasa. Dia berhasil menata kelestarian lingkungan sekitarnya dengan membuat hutan seorang diri.

Ya, Jadav ‘Molai’ Payeng, adalah seorang pria yang menghijaukan lahan hutan gundul seluas 1.360 hektar seorang diri selama 30 tahun.

Payeng yang ketika itu masih berusia 16, memutuskan menanam pohon di wilayah Assam India Utara setelah ia menemukan satwa liar yang hidup di daerah itu menderita karena hutan gundul.

“Ular-ular tewas kepanasan karena tak adanya pohon. Aku duduk dan menangisi kematian mereka. Hewan liar itu seperti dibantai. Saya memberitahu hal ini kepada departemen kehutanan dan meminta mereka untuk menanam pohon di sana,” ucapnya, seperti dikutip Metro.

Namun permintaan Payeng ditolak. Sebaliknya, Departemen Kehutanan malah meminta Payeng untuk menanam bambu. Sakit hati atas perlakuan tersebut, Payeng merasa tertantang menanam pohon bambu di area hutan gundul tersebut seorang diri. “Tak ada seorang pun membantu saya. Tidak ada yang tertarik,” imbuhnya, seperti dikutip metro.co.uk.

Payeng yang kini berusia 47, mulai menanam tahun 1979 dan mengabdikan hidupnya menanam pohon. Dia meninggalkan pendidikan, rumah dan mulai tinggal di area gundukan pasir.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...