Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Sunday, August 18, 2013

Inilah rahasia dibalik kesuksesan Google

Google?,, jika ada yang tak mengenalnya bisa dipastikan mereka adalah orang yang berasal dari 25 tahun yang lalu. Iya, Google adalah penyedia layanan mesin pencari paling populer di internet. Selain itu, google juga banyak memiliki produk keren lainnya, email gratis, platform blog gratis, situs streaming gratis bahkan hingga OS mobile phone paling populer dewasa ini, OS Android. Iya, Google adalah perusahaan raksasa internet dengan jumlah karyawan hingga mencapai ribuan orang, dengan kantor cabang tersebar dibanyak negara termasuk Indonesia. Dibalik itu semua ada fakta-fakta unik dibelakang Google, misalnya server yang luasnya segedhe lapangan sepakbola yang super canggih. Dan yang patut untuk diketahui adalah fakta unik tentang karyawan dan lingkungan kantor mereka. Kantor Google dikenal memiliki suasana dan fasilitas unik yang mengasyikkan


"Kami selalu melakukan inovasi dengan cara diskusi terbuka. Baik melalui rapat formal ataupun melalui diskusi dari permainan atau yang lainnya," terang Erwin, salah satu karyawan Google Asia Pacific di Kantor Google Asia Pacific, Singapura.
Inilah rahasia dibalik kesuksesan Google

Sumber berkesempatan melihat-lihat kantor Google yang di Singapura, dan terkagum-kagum melihat sejumlah fasilitas yang tersedia disana. Kantor yang menempati dua lantai di kawasan perkantoran elite Asia Square ini, dibangun dengan konsep yang diharapkan mampu mendorong para karyawannya untuk mampu selalu mengembangkan inovasi dan kreatvitas.

"Kami punya beberapa ruang bermain, yang didalamnya terdapat meja bilyar, Nintendo Wii, Xbox, dan ruang karaoke. Ruang rapat disini juga dinamakan dengan nama yang tidak biasa, seperti 'Ruang Borobudur, Ruang Blur, Ruang Little India dan sebagainya," ujar pria yang pernah bekerja di Indonesia selama dua tahun ini.

Selain fasilitas untuk terus berinovasi, Google juga sangat memperhatikan masalah logistik bagi para karyawannya. Terdapat beberapa ruangan yang mereka sebut 'micro-kitchen' dimana di ruang tersebut, semua makanan bebas diambil oleh para pegawai mulai dari petugas kebersihan hingga top division.

"Lihat semua para pegawai mereka bebas untuk mengambil apa saja disini. Selain itu kami juga memliki sebuah kebijakan unik, semua karyawan tanpa terkecuali berat badannya harus naik 7,5 Kg dalam tahun pertama," ujarnya sambil menunjukkan micro-kitchen di salah satu sudut kantornya.

Dengan semua fasilitas tersebut, bagaimana hasilnya? Seluruh karyawan Google terlihat menikmati pekerjaan mereka. Bahkan saat mereka makan pun, mereka berseliweran dengan terus menenteng laptop kesayangan masing-masing. Tampak juga beberapa karyawan yang terlihat rapat di beberapa 'micro-kitchen' di terdapat di kantor tersebut.

Tak bisa dipungkiri, suasana bekerja yang mendukung lahirnya inovasi turut menjadi alasan Google menjadi perusahaan yang berkembang pesat. Asyiknya...'

Ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi semua perusahaan lain agar bisa sesukses Google inc. Ini masuk akal, karena dengan suasana kantor yang asyik, dan dengan gizi yang baik akan menjauhkan para karyawan dari stres. Dengan kondisi yang fit baik fisik dan mental akan menciptakan suasana yang tenang dan yang pada akhirnya meningkatkan produktifitas kerja. Dan loyalitas bisa terbangun secara natural dengan sendirinya.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...