Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Friday, September 27, 2013

Nepenthes jamban,Tanaman Unik Berbentuk Mirip WC Duduk

Nepenthes jamban adalah salah satu spesies kantong semar (Nepenthes) yang endemik Sumatera Utara. Nama spesies ini diambil dari bahasa Indonesia yang mengacu pada bentuk kantongnya yang menyerupai jamban atau toilet. Spesies ini pertama kali dikoleksi pada 22 April 2005 dari selatan Padang Sidempuan.


Nepenthes jamban adalah tumbuhan merambat. Tebal batangnya biasanya tidak lebih dari 5 mm, dan dapat tumbuh hingga mencapai 4 m. Kantong bawah atau roset berbentuk kerucut sampai seperti corong sempit pada kantong bawah ketiga, selanjutnya lebih berbentuk corong yang lebar, berukuran relatif kecil dengan tinggi 5.8 cm dan lebar 4.4 cm, sayap berumbai dengan lebar â?¤2 mm, bentuk mulut hampir horizontal, bibir dapat mempunyai lebar hingga 8 mm dengan barisan gigi-gigi kecil. Taji kantong mempunyai panjang â?¤4 mm, biasanya tidak bercabang namun menggarpu.

Kantong atas berukuran lebih besar dari kantong bawah yaitu dengan tinggi 12 cm dan lebar 5.2 cm, mempunyai bibir dengan panjang hingga 6 mm, tutup kantong mirip dengan kantong bawah dengan panjang 4.8 cm dan lebar 0.9 cm yang menutupi mulut kantong sekitar 45 derajat.Sulur kantong dapat mencapai 24 cm

Nepenthes jamban endemik pada Bukit Barisan yang melintasi pulau Sumatera. Spesies ini tumbuh pada ketinggian 1800-2100 meter di atas permukaan laut. Spesies ini tumbuh terrestrial.Di alam, ia tumbuh bersama N. bongso, N. dubia, N. gymnamphora, dan N. lingulata.

Kantong atas dari spesies ini tercatat sebagai penangkap mangsa-mangsa yang besar, seperti tawon, jangkrik dan binatang-binatang kecil.

N. jamban memproduksi cairan khusus yang lengket dan tebal seperti pada N. inermis, yang dapat menjebak serangga pada bagian dalam kantong seperti kertas perekat, yang berada di atas permukaan cairan kantong

N. jamban terkait pada suatu kelompok spesies kantong semar yang hidup di Sumatera, yang terdiri dari N. dubia, N. inermis, N. jacquelineae, dan N. tenuis. Salah satu dari ciri spesies tersebut adalah kantong yang berbentuk corong. Kesemuanya dari spesies tersebut memiliki cairan kantong yang lengket.Spesies ini paling berkerabat dengan N. jacquelineae.N. jamban yang pernah tercatat memiliki hibrida alami dengan N. lingulata.

2 Comments:

  1. ARTIKEL INI KAN SAYA YANG BIKIN MAIN COPAS SAJA MANA GAK PAKE LINK SUMBER LAGI... JANGAN2 SEMUA ARTIKEL DI BLOG INI ISINYA HASIL COPAS?? CKCK BLOGGER KOK GAK KREATIF :P

    ReplyDelete

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...