Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Wednesday, May 15, 2013

7 KEAJAIBAN DUNIA YANG BELUM KAMU TAHU

 
Kita semua sudah tahu sejak SD tentang Menara Pisa, Menara Eiffel, Colosseum, Taj Mahal, Piramida Mesir, Tembok Besar Cina, dan Borobudur sebagai 7 keajaiban dunia. Kemudian baru-baru ini diperkenalkan 7 keajaiban dunia baru (yang menurutku sih agak kurang valid). Nah, kali ini aku akan mengenalkan 7 keajaiban dunia versiku sendiri. Tujuh keajaiban versiku ini berbeda sebab baru diketahui oleh sedikit orang, terutama oleh orang Indonesia. Tapi menurutku ketujuh bangunan ini sangat menakjubkan dan layak menjadi keajaiban dunia yg baru. Ini dia! 

1. Kastil Neuschwanstein (Bavaria, Jerman)
neuschwanstein castle1
neuschwanstein castle-germany
Kastil yang dibangun pada 1869-1892 oleh raja Ludwig II dari Bavaria ini memang terkesan bak kastil dalam negeri dongeng. Tak heran, istana ini menginspirasi Istana Sleeping Beauty di Disneyland.
 
2. Summer Palace (Beijing RRC)
summer palace beijing
Tidak hanya Forbidden City alias Kota Terlarang aja lho peninggalan dinasti Cina yang ada di Beijing. Ada juga Istana Musim Panas atau Summer Palace (Qingyi Yuan) yang patut dilihat jika kamu kebetulan sedang berkunjung ke Cina. Istana ini dibangun pada tahun 1750 pada masa dinasti Qing. Istana ini berada di tepian danau Kunming yang sebenarnya adalah danau buatan yang sengaja dikeruk untuk pembuatan istana ini. Tanah hasil kerukan ini kemudian ditimbun dan dijadikan sebagai bukit tempat istana berdiri. Wow! Istana ini juga dikenal sebagai istana peristirahatan ratu Cixi yang pernah memimpin pemberontakan Boxer melawan penjajah Barat.
 
3. Gedung Parlemen Hongaria (Budapest, Hongaria)
gedung parlemen budapest
Gedung Parlemen Hungaria jelas merupakan salah satu bangunan terindah di Eropa. Dibangun untuk memperingati 100 tahun hari jadi Hungaria, bangunan bergaya gotik ini selesai pada tahun 1904. Bangunan yang dibangun di sisi sungai Danube ini juga merupakan saingan Gedung Parlemen Inggris di Westminster, London. Moga-moga saja ya anggota parlemen kita nggak kepengen punya gedung seindah ini heheheh.
 
4. Gedung Capitol (Washington DC, Amerika Serikat)
17capitol hill
Gedung Capitol yang nyaris jadi target serangan 11 September ini merupakan gedung kongres (parlemen) yang berdiri di Capitol Hill, sebuah bukit di pusat kota Washington DC. Banyak yang salah mengira bahwa ini adalah Gedung Putih, namun sebenarnya bukan. Gedung ini dibangun pada tahun 1793 dan kubahnya yang monumental baru ditambahkan pada tahun 1863. Di puncak kubah, berdiri patung yang diberi nama “Freedom”. Walau menjadi lambang keangkuhan Amerika Serikat, namun tak pelak gedung ini adalah salah satu bangunan terindah di dunia.
 
5. Istana Matsumoto (Jepang)
matsumoto-castle-japan-tourMatsumotoCastle
Istana Matsumoto adalah salah satu kastil terindah di negeri matahari terbit. Istana ini terletak di kota Matsumoto di Prefektur Nagano. Karena eksteriornya yang dominan hitam, istana ini juga dijuluki “Crow Castle” atau Istana Gagak. Bangunan ini didirikan pada abad ke-16 oleh Shimadachi Sadanaga dari klan Ogasawara, kemudian diambil alih oleh para shogun Tokugawa pada masa Edo. Restorasi Meiji pada abad ke-19 menyebabkan istana ini tak lagi dipakai dan akhirnya terbengkalai. Baru mulai pada tahun 1900-an, istana ini mulai direnovasi dan dijadikan atraksi wisata yang menarik.
 
6. Petra (Yordania)
petra
Petra berarti “batu” dan bahasa Yunani dan disebut al-Baitra dalam bahasa Arab. Peninggalan arkeologis yang terletak di lembah Wadi Araba, Yordania ini dulunya ibu kota kerajaan kuno Nabatea yang terdapat di Jalur Sutra. Uniknya, bangunan ini diukir pada batu cadas setinggi 40 m. Konon, nabi Muhammad pernah berkunjung ke Petra saat berumur 10 tahun bersama pamannya. Petra kini menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru. Melihat kemegahannya, nggak heran peninggalan bersejarah Timur Tengah ini dilirik untuk menjadi lokasi syuting Transformers 2.
 
7. Masjid St. Petersburg (St. Petersburg, Rusia)
masjid soekarnomasjid st petersburgkubah masjid rusiamasjid rusia
Masjid St. Petersburg adalah masjid terbesar di benua Eropa. Sejarah masjid ini mencerminkan kerukunan antarumat beragama di Rusia. Pada awal abad ke-20, masyarakat Muslim di Rusia sudah mencapai 8.000. Merekapun meminta izin pada kaisar yang bertahta saat itu, Nicholas II untuk membangun masjid. Kaisar pun memberikan izin pada tahun 1907 dan pembangunan masjid segera dimulai pada tahun 1910. Uniknya, arsiteknya yang bernama Nikolai Vasilyev adalah seorang non-muslim. Masjd ini sengaja dibangun menyerupai Gur E Amir, yaitu makam Amir Timur, seorang penguasa Muslim di Samarkand (sekarang Uzbekistan). Pada akhir PD II, rezim komunis berkuasa di Rusia dan menutup masjid ini. Namun pengaruh dari Presiden Sukarno membuat pemerintah Uni Sovyet mengizinkan umat Muslim untuk beribadah di dalam masjid tersebut.
 
BONUS:
Piramida-Piramida di Cina (RRC)
clip_image002[4]
Tahukah kamu bahwa Cina ternyata juga memiliki piramid? Bentuk piramid-piramid di Cina lebih menyerupai piramida di Amerika Selatan dengan puncak yang datar, namun fungsinya sama seperti piramida di Mesir, yaitu sebagai tempat peristirahatan terakhir para kaisar. Tercatat ada 5 dinasti penguasa daratan Cina yang membangun piramida, yaitu Qin, Han, Tang, Song, dan Xia. Sekitar 38 buah piramida terdapat di sebelah barat laut kota Xian, Provinsi Shaanxi.
Piramida-piramida ini pertama kali dilihat oleh seorang pilot AU Amerika Serikat pada tahun 1947 saat kebetulan terbang di atasnya. Tidak seperti piramida di Amerika Selatan dan Mesir yang dibuat dari tumpukan batu persegi, piramida-piramida di Cina hanya terbuat dari tumpukan tanah liat, sehingga dari luar hanya terlihat seperti gundukan tanah atau bukit biasa. Beberapa bahkan sengaja ditanami pohon oleh pemerintah komunis agar tidak menarik perhatian internasional.
piramid cina2 - Copy
Namun begitu dilihat dari atas, barulah tampak bentuk piramida yang sempurna.
piramid cina3
Piramida yang paling terkenal adalah Mausoleum Qin yang menyimpan jenazah kaisar Qin Shi Huang, yaitu kaisar Dinasti Qin yang pertama. Tempat tersebut juga merupakan lokasi ditemukannya ribuan patung tentara terakota yang terkenal itu.
patung terakota cina
 
Itu dia 7 + 1 bangunan-bangunan paling menakjubkan di dunia yang pastinya pantas masuk ke dalam deretan 7 keajaiban dunia. Siapa tau aja informasi ini bisa menjadi panduan agenda backpacking kalian selanjutnya.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...