Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Wednesday, May 15, 2013

10 BANGUNAN TERTINGGI DALAM SEJARAH

 
Jika ada yang membahas 10 bangunan tertinggi di dunia saat ini, itu sudah biasa. Nah, kali ini aku akan mencoba membahas secara urut 10 bangunan yang at least “pernah” memecahkan rekor sebagai bangunan tertinggi yang dibuat oleh manusia. Ini dia! 

  1. Piramida Giza, Mesir
Pyramids-of-giza-1024x768
Piramida Giza atau disebut juga Piramida Khufu (Cheops) merupakan bangunan tertinggi di dunia selama 3.800 tahun! Piramida ini dibangun sekitar tahun 2560 SM sebagai makam dari Firaun Khufu. Penyelesaian bangunan ini diduga membutuhkan waktu 20 tahun dengan jumlah pekerja sekitar 100.000 orang. Tinggi piramida ini awalnya 146,5 m, namun akibat erosi selama ribuan tahun, tingginya kini berkurang menjadi 138,8. Baru pada tahun 1300 M, rekornya sebagai bangunan tertinggi di dunia terpecahkan oleh Katedral Lincoln (Ingrris) dengan menara setinggi 160 m. Tapi tetap saja, piramida memegang rekor sebagai bangunan tertinggi terlama di dunia, yaitu selama hampir 4 milenium.
  1. Gereja Ulm Minster, Jerman
2
Sebuah gereja menjadi bangunan tertinggi di dunia mungkin tak terbayangkan sebelumnya. Namun sejak arsitektur gotik mewabah di Eropa pada abad pertengahan, setiap kota di Eropa bersaing untuk membangun gereja-gereja dengan menara tertinggi. Sebagai catatan, sebuah gereja gotik yang “biasa-biasa saja” umumnya memiliki tinggi 7 lantai.
Gereja yang pernah tercatat sebagai bangunan tertinggi dalam sejarah adalah Ulm Minster, sebuah gereja Protestan yang terletak di kota Ulm, Jerman. Pembangunan gereja ini dimulai sejak 1377 dan baru selesai sepenuhnya pada 1890. Bila gereja gotik umumnya memiliki dua menara, maka gereja Ulm dibangun hanya dengan satu menara, namun dengan ketinggian mencengangkan hingga 161,5 m atau setinggi sekitar 40 lantai! Hingga kini, gereja Ulm Minster tetap memegang gelar sebagai gereja tertinggi di dunia.
  1. Monumen Washington, Washington D.C., Amerika Serikat
3
Monumen berbentuk obelisk ini menjadi yang tertinggi di dunia sejak 1884 dengan tinggi 170 m. Monumen ini dibangun untuk menghormati presiden pertama Amerika Serikat, yaitu Goerge Washington. Monumen ini hanya memegang gelar bangunan tertinggi di dunia selama 5 tahun saja. Walaupun demikian, monumen ini tetap menjadi bangunan tertinggi di Washington DC.
  1. Menara Eiffel, Paris, Perancis
4
Mustahil ada yang tidak kenal bangunan ini. Menara kebanggaan rakyat Perancis ini diresmikan pada 1889 sebagai gerbang menuju World Fair yang diadakan di paris pada tahun tersebut.
Menara ini dinamai sesuai nama arsiteknya, yaitu Gustave Eiffel. Menara Eiffel awalnya setinggi 295 m, namun sekarang tinggi mencapai 324 m setelah dilakukan penambahan pada bagian puncak menaranya. Menara ini sempat meraih gelar bangunan tertinggi di dunia selama 43 tahun, sebelum gedung Chrysler di Amerika Serikat selesai dibangun.
  1. Gedung Chrysler, New York, Amerika Serikat
65
Gedung ini tak hanya sempat terkenal karena menjadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1930, namun hingga kini terkenal sebagai salah satu gedung terindah di dunia. Gedung bergaya art deco dengan tinggi 319 m ini diarsiteki oleh William van Allen atas perintah seorang pengusaha bernama Walter P. Chysler. Sayangnya, gedung ini harus cukup puas memegang gelar gedung tertinggi hanya selama 11 bulan saja, setelah dikalahkan Empire State Building setahun kemudian.
  1. Empire State Building, New York, Amerika Serikat
7
Gedung ini memiliki tinggi 381 m dengan 102 lantai. Gedung ini dinamai sesuai dengan julukan kota New York sebagai “Empire State”. Gedung ini terkenal ke seluruh penjuru dunia, tidak hanya karena pernah menjadi gedung tertinggi, namun juga berkat film King Kong. Ya, kalian pasti masih ingat adegan legendaris King Kong yang memanjat naik ke gedung Empire State.
8
Saking tingginya gedung ini, pernah sebuah pesawat militer menabrak gedung ini di antara lantai 79 dan 80 akibat kabut yang tebal pada tahun 1945, menelan 11 korban jiwa. Selain itu, puncak gedung ini dilengkapi penangkal petir karena begitu seringnya gedung ini tersambar petir.
9
Gedung ini menjabat gelar sebagai gedung tertinggi selama 40 tahun, yaitu dari tahun 1931 sampai 1972, ketika pembangunan WTC selesai.
  1. World Trade Center, New York, Amerika Serikat
1110
Gedung kembar ini tak hanya dikenal karena pernah menjadi gedung tertinggi di dunia, namun juga karena nasib tragis yang menimpanya. Menara kembar World Trade Center atau yang biasa dikenal dengan sebutan WTC ini diarsiteki oleh insinyur Jepang bernama Minoru Yamasaki. Diresmikan pada tahun 1973, kedua gedung ini ternyata tidak memiliki tinggi yang sama. Menara utara setinggi 417 m dan menara selatan setinggi 415 m. Jika ditambah dengan antena yang terdapat pada menara utara, tinggi bangunan menjadi 526 m.
clip_image024
Menara kembar ini berakhir masa kejayaannya ketika pada tanggal 11 September 2001, teroris membajak pesawat American Airlines Penerbangan 11 dan menabrak lantai 93-99 menara utara pada 08.46 waktu setempat, diikuti pesawat United Airlines Penerbangan 175 yang menabrak lantai 77-85 menara selatan sekitar 17 menit kemudian. Tragedi itu menewaskan 2.753 orang. Uniknya, tragedi ini juga menyebabkan rilis film “Spiderman” pada 2001 diundur, sebab terdapat salah satu adegan dimana Spiderman menjerat sebuah helikopter dengan jaring yang dibentangkan di antara kedua menara WTC. Adegan tersebut dinilai terlalu sensitif sehingga terpaksa diganti.
Kini, satu dekade setelah runtuhnya WTC, gedung WTC baru sedang dibangun di lokasi ground zero salah satu menara. Tidak seperti gedung kembar pendahulunya, kali ini hanya akan dibuat satu menara dengan nama 1 WTC atau Freedom Tower. Gedung tersebut direncanakan selesai pada tahun 2013 dengan tinggi 541 m.
13
  1. Menara Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia
14
Setelah menara WTC runtuh, dunia pun bertanya-tanya, apakah gedung tertinggi di dunia saat itu? Jawabannya ternyata terletak di sudut dunia yang tak pernah mereka duga sebelumnya, yaitu Asia Tenggara. Pada saat dibangun pada tahun 1998, tak sedikitpun niat dari para arsitek menara kembar Petronas untuk membangun gedung tertinggi di dunia. Namun kenyataannya, gedung setinggi 451 m ini tersohor setelah peristiwa 11 September sebagai gedung tertinggi di dunia.
Kedua menara Petronas didesain dengan motif geometris khas arsitektur Islam berupa bintang dengan delapan sudut. Uniknya, masing-masing menara dibangun oleh dua kontraktor yang saling berkompetisi. Menara barat dibangun oleh kontraktor Jepang, sementara menara timur dibangun oleh kontraktor Korea Selatan. Gedung dengan 88 lantai ini menjadi gedung tertinggi di dunia selama 8 tahun, sebelum akhirnya dikalahkan oleh menara Taipei 101.
  1. CN Tower, Toronto, Kanada
15
Selesai pada tahun 1976, Menara CN Tower menjadi menara telekomunikasi tertinggi di dunia selama 34 tahun sebelum akhirnya dikalahkan Burj Khalifa. Namanya adalah kependekan dari Canadian National Tower. Dengan tinggi setengah kilometer lebih atau tepat 553 m, bangunan-bangunan pencakar langit di sekitarnya pun tampak kerdil. Walaupun kini telah dikalahkan oleh Burj Khalifa, menara ini tetap menjadi bangunan tertinggi di Dunia Barat.
  1. Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab
16
Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa bangunan ini merupakan bangunan tertinggi yang pernah dibuat oleh umat manusia. Dengan tinggi 828 m dan jumlah lantai 160, gedung Burj Khalifa mengalahkan para pesaingnya dengan mudah. Namun membangun gedung tertinggi di dunia ternyata tidak memuaskan rakyat Uni Emirat Arab. Negara ini berniat kembali membangun gedung setinggi 1 km yang disebut Burj Dubai.
17
Bagaimana dengan Indonesia? Well, konon Indonesia akan membangun Menara Jakarta dengan tinggi 558 m yang jika selesai, akan menjadi bangunan tertinggi di belahan bumi selatan. Proyeknya dimulai sejak 1993, namun terhenti akibat krisis ekonomi tahun 1997. Nah, dengan kondisi bangsa yang carut marut saat ini, bisakah menara ini dirampungkan?
18

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...