Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Wednesday, May 15, 2013

10 ISTANA TERINDAH DI DUNIA

 
Spain-Segovia-Alcazar-Castle
Istana adalah tempat tinggal raja dan kaum bangsawan. Secara raja itu orang penting dan tajirnya selangit, maka nggak heran rumah merekapun dibuat sangat indah dan megah. Contohnya adalah Kastil Alcazar di Segovia, Spanyol di atas yang sebenarnya dibangun penguasa Muslim, walaupun bentuknya “Eropa” banget. Berikut ini adalah 10 istana terindah di dunia. 
 
1. Kota Terlarang dan Istana Musim Panas (Beijing, Cina)
forbidden city
Istana terlarang merupakan kompleks istana terluas di dunia yang wilayahnya mencakup hingga 72 hektar. Dibangun antara tahun 1406-1420, istana ini kini terdiri atas 980 bangunan dengan total 8.707 kamar yang dilindungi oleh tembok setinggi 10 m dan setebal 6 m. Sebanyak 24 kaisar Cina memerintah selama 5 abad dari balik tembok Kota Terlarang hingga akhirnya Kaisar Puyi menjadi kaisar terakhir setelah Cina diambil alih oleh komunis.
summer palace
Summer Palace atau Istana Musim Panas terletak sekitar 1,5 km dari pusat kota Beijing dan merupakan tempat peristirahatan para kaisar Cina. Uniknya, di depan istana ini terdapat Danau Kunming yang merupakan danau buatan dan hasil kerukannya digunakan untuk membuat bukit tempat istana ini berdiri.
2. Istana Versailles (Paris, Prancis)
Versailles
Istana Versailles tak pelak lagi merupakan istana paling terkenal di dunia. Istana ini dibangun oleh Raja Louis XIII pada tahun 1624. Namun baru di tangan penerusnya, Raja Louis XIV, istana ini diperluas hingga seindah sekarang ini. Istana ini menjadi kediaman para raja Prancis hingga akhirnya pecah Revolusi Prancis pada tahun 1789.
Versailles, Hall of Mirrors
3. Chateu de Chambord (Prancis)
Puri Chateu de Chambord adalah istana paling terkenal di Prancis setelah Istana Versailles. Puri ini dibangun pada 1519 oleh Raja Francois I sebagai tempat peristrahatan sang raja selama berburu di hutan dekatnya.
2954664619_1a85b8b094_z
4. Istana Buckingham (Westminster, Inggris)
800px-Buckingham_Palace,_London_-_April_2009
Siapa tak kenal istana ini? Istana yang menjadi tempat bertahtanya Ratu Inggris ini awalnya merupakan rumah ynag dibangun oleh Duke of Buckingham pada tahun 1705. pada abad ke-19, istana ini diperluas dan resmi menjadi tahta Ratu Victoria pada tahun 1837. Renovasi kemudian dilanjutkan pada abad ke-19 dan 20, termasuk fasad bagian timur dengan balkonnya yang terkenal. Merupakan tradisi bagi para keluarga raja yang baru menikah untuk berciuman di balkon ini di hadapan publik Inggris, seperti halnya yang dilakukan Pangeran Charles dan Lady Diana serta baru-baru ini Pangeran William dan Kate Middleton.
5. Alhambra (Granada, Spanyol)
The Alhambra (La Alhambra) a moorish citadel and palace (designated a UNESCO World Heritage Site in 1984), backdropped by the snowcapped Sierra Nevada mountain range seen from Mirador de San Nicolas in the Albayzin district at sunset, City of Granada, Province of Granada, Andalusia (Andalucia), Spain, Europe.
Satu-satunya istana bergaya arsitektur Islam di list ini, Istana Alhambra (artinya “benteng merah” merupakan istana sekaligus benteng yang dibangun penguasa Muslim di Spanyol pada pertengahan abad ke-14. Istana ini kini termasuk Situs Warisan Budaya UNESCO dan disebut-sebut sebagai objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Spanyol. Hmm…aku juga nggak keberatan datang jauh-jauh ke Spanyol hanya untuk melihat keindahan istana ini!
alhambra interior
6. Istana Potala (Lhasa, Tibet)
potala palace
Terletak di Bukit Marpo Ri (Bukit Merah), Istana Potala dibangun pada masa pemerintahan Dalai Lama ke-5 pada abad ke-17. Istana ini terdiri atas dua bagian, yaitu Istana Putih (Portrang Karpo) dan Istana Merah (Portrang Marpo), Istana ini merupakan kediaman para Dalai Lama sebelum akhirnya invasi pemerintah komunis RRC di Tibet pada tahun 1959 yang memaksa Dalai Lama ke-14 mengasingkan diri ke Dharmasala, India.
The-Potala-Palace-600x425
7. Kastil Neuschwanstein (Bavaria, Jerman)
Neuschwanstein-Castle-600x425
Istana yang sengaja dibangun menyerupai kastil negeri dongeng ini terletak pada sebuah bukit dekat kota Hohenschwangau, Provinsi Bavaria, Jerman. Istana ini dibangun pada abad ke-19 sebagai kediaman Raja Ludwig, penguasa Bavaria saat itu. Ini adalah sedikit bangunan dimana kamu merasa tidak perlu melihat interiornya karena sudah terlalu terpukau dengan bagian luarnya.
8. Kastil Prague (Praha, Ceko)
prague71
Kastil ini disebut-sebut sebagai istana terbesar di dunia, sekitar 570 m panjangnya dan 130 m lebarnya. Bangunan ini dibangun menyatu dengan gereja pada abad ke-9 dan diperluas pada abad ke-14 dengan gaya gotik. Walaupun tak lagi digunakan sebagai kediaman raja-raja, namun presiden Republik Ceko masih berkantor di sini.
9. Mont Saint Michel (Prancis)
mont-saint-michel_castle-600x425
Mont Saint Michael adalah sebuah puri yang dibangun di atas sebuah batu karang di perbatasan Normandia dan Britania. Istana ini konon adalah salah satu objek pertama yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.
10. Grand Palace (Bangkok, Thailand)
royal-palace-bangkok
Grand Palace adalah kompleks istana yang menjadi tahta raja-raja Thailand sejak 1782. Bagian paling terkenal dari kompleks istana seluas 218 meter persegi ini adalah kuil Emerald Buddha Temple.
Royal palace Thailand
BONUS
Kastil –Kastil di Jepang
Kastil Osaka adalah salah satu istana terindah di Jepang dan dibangun pada abad ke-16. Kastil ini kini terletak di tengah kepungan gedung pencakar langit di pusat Kota Osaka.
Osaka Castle
Selain Kastil Osaka, terdapat istana indah lainnya, yaitu Kastil Himeji di Kyoto. Istana ini didirikan pada awal abad ke-14. Hampir seluruh bangunan terbuat dari kayu namun sengaja didesain agar tahan terhadap kebakaran.
himejicastle
Jika Kastil Himeji disebut sebagai “Istana Bangau” karena warna putihnya, maka Istana Mastumoto disebut sebagai “Istana Gagak” karena eksterior hitamnya. Kastil ini dibangun pada abad ke-16.
Matsumoto-Castle-600x425

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...