Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Wednesday, September 4, 2013

Biologi : Pengertian Protista

ciri-protozoa

Kingdom Protista adalah kelompok organisme yang memiliki struktur sel eukariotik, uniseluler maupun multiseluler, dan tidak memiliki jaringan yang sebenarnya. Anggota Protista berbeda antara satu dengan yang lainnya dalam hal morfologi maupun cara hidupnya. Anggota Protista ada yang menyerupai sifat-sifat jamur, hewan, maupun tumbuhan.


Protista yang menyerupai jamur merupakan jamur parasit dan predator yang menghasilkan spora. Jamur parasit merupakan jamur air pengurai uniseluler (bersel satu) yang hidup diperairan. Sedangkan jamur predator atau fagosit merupakan jamur lendir yang hidup menyerupai Amoeba. Sel-sel jamur lendir juga merupakan kumpulan (agregat) sel-sel yang bermigrasi (bergerak) bersama-sama dan membentuk struktur seperti spora.

Protista yang menyerupai sifat hewan mencakup Protozoa non-fotosintetik seperti, kelompok Rhizopoda dan Sporozoa. Protozoa ini merupakan predator uniseluler dan parasit.

Beberapa Protista yang menyerupai sifat tumbuhan merupakan uniseluler dan bersifat fotosintetik berflagelum (melakukan fotosintesis dan memiliki alat gerak berupa flagellum). Kebanyakan Protista ini hidup bebas atau berkoloni di laut terbuka dan perairan lainnya. Kelompok Protista ini merupakan anggota fitoplankton. Fitoplankton merupakan produsen di habitat akuatik. Protista lain yang lebih menyerupai tumbuhan adalah ganggang keemasan, ganggang merah, ganggang cokelat, dan ganggang hijau.

1 Comments:

  1. http://tjoretanku.blogspot.com/2013/09/air-disulap-jadi-bensin.html

    ReplyDelete

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...