Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Sunday, September 8, 2013

Inilah Foto Saturnus Jepretan Satelit Cassini

detail berita
 
 Sebuah foto planet Saturnus baru-baru ini dirilis oleh satelit Cassini milik NASA yang mengorbit di sekeliling "raksasa bercincin" itu. Foto ini menampilkan sebuah gambar hitam putih yang mengagumkan.

Dilansir dari NBC News, Rabu (7/11/2012), di sisi atas, bagian tengah foto hitam putih itu terdapat bintik redup yang terlihat seolah kotoran. Bintik ini sebenarnya adalah salah satu bulan yang mengorbit Saturnus, yaitu Mimas.

Bulan ini memiliki garis tengah sepanjang 396 kilometer dan tampak begitu kecil bila dibandingkan dengan induknya. Ketika dilihat dari jarak yang lebih dekat, permukaan Mimas didominasi dengan sebuah kawah raksasa di satu sisinya.

Sementara itu warna permukaan Saturnus yang lebih gelap menunjukkan tempat terjadinya badai besar, tepatnya di lapisan helium dan hidrogen atmosfer planet tersebut.

Satelit Cassini yang menghasilkan foto ini pertama kali diluncurkan pada 1997 bersama dengan Huygens lander. Cassini tiba di Saturnus pada 2004 dan menjatuhkan Huygens ke permukaan satelit besar milik Saturnus, yaitu Titan. Misi luar angkasa Cassini-Huygens merupakan sebuah proyek kerjasama antara NASA dengan European Space Agency serta Italian Space Agency.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...