sengaja
di buat manusia untuk menunjang aspek ekonomi dan yang lainya.tetapi
tak bisa di pungkiri,sebuah karya selalu membawa nama baik bangsa di mana karya itu berada.
maka lahirlah jembatan-jembatan hebat hingga bisa di sebut fenomenal. Hal ini menunjukkan karya rekayasa terbesar dari ahli yang sangat kompeten di dunia dan juga menyampaikan pesan bahwa apapun tak ada yang mustahil.
Suramadu
Indonesia
5. Golden Gate Bridge
maka lahirlah jembatan-jembatan hebat hingga bisa di sebut fenomenal. Hal ini menunjukkan karya rekayasa terbesar dari ahli yang sangat kompeten di dunia dan juga menyampaikan pesan bahwa apapun tak ada yang mustahil.
Suramadu
Indonesia
Jembatan Suramadu ini sebenarnya tidak masuk pada jajaran 10
jembatan tertinggi maupun terpanjang,namun karna jembatan ini kebanggaan
Indonesia,biarlah khabuka masukan ke daftar top ten.
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan tinggi 146,panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Jembatan Suramadu pada dasarnya merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan dengan tinggi 146,panjang keseluruhan sepanjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor disetiap sisi luar jembatan.Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Nama
jembatan Verrazano diambil dari nama seorang penjelajah asal Italia
Giovanni da Verrazano. Jembatan ini memiliki ketinggian 211,3 meter
dengan rentang panjang 1298 meter. Jembatan Verrazano dibangun tahun
1964 hingga 1981 dan merupakan jembatan gantung terbesar di
dunia.Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan kepulautan Staten di
New York, Amerika Serikat dan telah memainkan peranan penting dalam
pertumbuhan daerah-daerah di New York. Pembangunan jembatan ini
menghabiskan biaya 320 juta dolar AS.
2. Runyang Bridge
2. Runyang Bridge
china
Jembatan
Runyang merupakan kompleks jembatan besar yang melintasi Sungai Yangtze
di Provinsi Jiangsu, Cina. Jembatan ini merupakan bagian dari
Expressway Beijing-Shanghai. Ini merupakan jembatan suspensi dengan
rentang utama 1.490 meter dan tinggi 215 meter. Lebar jembatan adalah
39,2 meter, menampung 6 jalur lalu lintas dan jalur kecil di setiap tepi
luar untuk pemeliharaan.
Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer. Pembangunan jembatan ini dimulai pada Oktober 2000 dengan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta) dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 30 April, 2005.
Panjang total kompleks jembatan adalah sekitar 35,66 kilometer. Pembangunan jembatan ini dimulai pada Oktober 2000 dengan biaya 5,8 miliar Yuan (sekitar US $ 700 juta) dan dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 30 April, 2005.
3.Pont de Normandie
jepang
jepang
Pont de Normandie adalah tipe jembatan cabled-stayed yang
membentang di Sungai Siene ke Normandia. Panjang totalnya adalah
2,143.21 meter dengan tinggi 215 meter membuat jembatan ini tertinggi di
dunia no. 8.Jembatan dibuka untuk umum pada tanggal 20 Januari 1995 dan
dianggap sebagai kabel jembatan terpanjang di dunia serta memiliki
rekor untuk jarak terpanjang antara tiang untuk tipe jembatan cabled-stayed.
Dengan ukuran 250 meteran lebih antar dermaga maka hal ini telah
memecahkan rekor sebelumnya. Rekor panjang untuk jembatan tipe cabled-stayedsebelumnya ada
pada tahun 2004 dengan 2883 meter di Rio Antirrio. Pada akhir
konstruksi, jembatan ini telah memakan biaya $ 465.000.000.
4.Tatara bridge
jepang
Jembatan
Tatara menghubungkan pulau-pulau Jepang di Honshu dan Shikoku di
seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang
dari setiap jembatan kabel tetap di dunia. Jembatan ini memiliki menara
baja dengan panjang 220 meter yang memiliki rentang 890 meter.Jembatan
dibuka pada tahun 1999 dan merupakan bagian dari Expressway Mishieto yang
terkenal. Pembuatan jembatan ini hanya butuh waktu enam tahun untuk
membangun dan dibuat dengan struktural canggih yang cukup untuk menahan
gempa besar. Jembatan ini adalah salah satu rekayasa kehebatan negara
Jepang.
5. Golden Gate Bridge
Amerika Serikat
Dengan
tinggi 227,4 meter jembatan Golden Gate adalah merupakan sebuah
jembatan gantung. Membentang mulai dari dermaga San Fransisco ke
Samudera Pasifik. Jembatan ini dianggap jembatan suspensi terpanjang di
dunia ketika selesai dibangun tahun 1937, dan menjadi salah satu simbol
yang paling diakui secara internasional yang terletak di San Francisco
dan California.Jembatan ini telah dinyatakan sebagai salah satu
keajaiban dunia modern oleh American Society of Civil Engineers. Pembangunan ini mulai dibangun pada tanggal 5 Januari 1933 dan selesai pada April 1937 dengan biaya lebih dari $ 35 juta.
6. Link Great Belt
Denmark
Jembatan The Great Belt Fixed Link adalah yang tertinggi Eropa dan menghubungkan Zealand dan kepulauan Funen di Denmark serta membentang di daerah Great Belt.
Selesai pada tahun 1998, memiliki ketinggian 254 m dan terdiri dari
sebuah jembatan gantung untuk jalan, terowongan untuk kereta api dan
merupakan jembatan tipe girder box. Istilah The Great Belt atau ”Jembatan
Sabuk Besar” berhubungan dengan jembatan gantung (tetapi juga dapat
merujuk pada seluruh jalur) dan dianggap memiliki rentang terpanjang
kedua di dunia tanpa pemancang sejauh 1,6 km.Seperti
dalam kasus jembatan lain dari jembatan utama, konstruksi telah membuka
jalan untuk bisnis yang lebih baik di wilayah tersebut. Hal iniyang
menyebabkan besarnya biaya konstruksi jembatan dan telah menghabiskan
biaya 21,4 miliar Denmark dan ini merupakan yang termahal
dalam sejarah Denmark
7. Stonecutters Bridge
Hongkong
Jembatan
Stonecutters adalah jembatan gantung tingkat tinggi yang berada di
terusan Rambler di Hong Kong, menghubungkan kepulauan Nam Wan Kok dan
Pulau Stonecutters. Jembatan ini memiliki ketinggian 298 meter sehingga
jembatan ini adalah yang tertinggi ke-4 di dunia. Pembangunan jembatan
dimulai pada tanggal 27 April 2004 oleh perusahaan patungan Hitachi
Chong dengan biaya 2,76 milyar Hongkong dan dibuka untuk lalu lintas
pada 20 Desember 2009.Jembatan ini merupakan bagian dari Hong Kong Route 8 yang menghubungkan
banyak tempat di Hong Kong. Tantangan besar dan kesulitan-kesulitan
ekstrim dalam membangun jembatan ini menjadi bagian dari sejarah
pembangunan jembatan kebanggaan masyarakat Hong Kong ini.
8. Akashi-Kaikyo Bridge
Jembatan
Akashi Kaikyo juga dikenal sebagai Jembatan Mutiara, memiliki rentang
pusat terpanjang dari jembatan suspensi yang pernah ada yaitu 1.991
meter dan tingginya adalah 298,3 meter.Jembatan ini terletak di Jepang
dan selesai dibangun pada tahun 1998. Jembatan yang menghubungkan kota
Kobe di daratan Honshu ke kota Iwaya di Pulau Awaji dengan menyeberangi
Selat Akashi yang super sibuk. Jembatan ini merupakan bagian dari
Highway Shkoku Honshu.
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang di Sungai Yangtze di China antara kota Nantong dan Changshu sebuah kota di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter merupakan jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia sejak tahun 2010. Dua bentang samping yang mencapai 300 meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil diantaranya.Ada dua buah menara jembatan setinggi 306 meter dan ini menjadikannya sebagai yang tertinggi kedua di dunia. Panjang total jembatan 8.206 meter. Pembangunannya dimulai pada bulan Juni 2003 dan jembatan sukses dihubungkan pada bulan Juni 2007. Jembatan ini diuji coba untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 2008. Biaya konstruksi diperkirakan sekitar US $ 1,7 miliar.
Jembatan Millau, adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di lembah Sungai Tam dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 343,0 meter. Yang sangat mengesankan adalah bahwa jembatan ini sedikit lebih pendek dari gedung Empire State di Amerika Serikat dan lebih tinggi maka menara Eiffel.Biaya Konstruksi adalah sekitar 400 juta Euro dan secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan telah menerima Penghargaan dari IABSE berupa “Outstanding Structure Award“ pada tahun 2006.
Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jembatan di dunia yang tinggi dan panjang. Belum lama ini ada sebuah rencana pemerintah Indonesia akan membangun sebuah jembatan yang akan melintasi Selat Sunda yaitu antara pulau Jawa dan Sumatera dan menghubungkan dua provisin yaitu Banten dan Lampung. Jika jembatan ini jadi direalisasikan bisa jadi ini akan masuk dalam sebuah keajaiban dunia di Indonesia dengan bentang terpanjang dan juga tertinggi di dunia.
2. Sutong Yantze River Bridge
China
Jembatan Sungai Sutong Yangtze adalah jembatan kabel tetap yang membentang di Sungai Yangtze di China antara kota Nantong dan Changshu sebuah kota di provinsi Jiangsu. Dengan rentang 1.088 meter merupakan jembatan kabel dengan rentang utama terpanjang di dunia sejak tahun 2010. Dua bentang samping yang mencapai 300 meter, dan ada juga empat rentang kabel kecil diantaranya.Ada dua buah menara jembatan setinggi 306 meter dan ini menjadikannya sebagai yang tertinggi kedua di dunia. Panjang total jembatan 8.206 meter. Pembangunannya dimulai pada bulan Juni 2003 dan jembatan sukses dihubungkan pada bulan Juni 2007. Jembatan ini diuji coba untuk lalu lintas pada tanggal 25 Mei 2008 dan secara resmi dibuka pada tanggal 30 Juni 2008. Biaya konstruksi diperkirakan sekitar US $ 1,7 miliar.
10. Millau Viaduct Bridge
FrancisJembatan Millau, adalah tipe jembatan cabled-stayed yang membentang di lembah Sungai Tam dekat Millau di selatan Perancis. Ini adalah jembatan tertinggi di dunia dengan ketinggian 343,0 meter. Yang sangat mengesankan adalah bahwa jembatan ini sedikit lebih pendek dari gedung Empire State di Amerika Serikat dan lebih tinggi maka menara Eiffel.Biaya Konstruksi adalah sekitar 400 juta Euro dan secara resmi dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004. Jembatan telah menerima Penghargaan dari IABSE berupa “Outstanding Structure Award“ pada tahun 2006.
Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa jembatan di dunia yang tinggi dan panjang. Belum lama ini ada sebuah rencana pemerintah Indonesia akan membangun sebuah jembatan yang akan melintasi Selat Sunda yaitu antara pulau Jawa dan Sumatera dan menghubungkan dua provisin yaitu Banten dan Lampung. Jika jembatan ini jadi direalisasikan bisa jadi ini akan masuk dalam sebuah keajaiban dunia di Indonesia dengan bentang terpanjang dan juga tertinggi di dunia.
0 Comments:
Post a Comment
Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)