Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Sunday, July 14, 2013

Virus HIV bisa sembuhkan penyakit genetis langka?

Virus HIV bisa sembuhkan penyakit genetis langka? 

Selama ini virus HIV dikenal sebagai virus berbahaya penyebab AIDS yang bisa mematikan. Namun ilmuwan Italia menemukan kegunaan dari virus ini. Ilmuwan menemukan virus HIV untuk menyembuhkan dua penyakit genetis langka yang diderita oleh anak-anak.

Terapi gen yang menggunakan virus HIV diketahui efektif pada tiga anak yang menderita metachromatic leukodystrophy dan tiga anak yang menderita sindrom Wiskott-Aldrich. Setelah perawatan selama tiga tahun, anak-anak itu berhasil sembuh dan saat ini dalam keadaan baik.

Penyebab dua penyakit tersebut adalah kerusakan genetis sebagai akibat kurangnya nutrisi dan protein penting saat masih bayi. Penyakit metachromatic menyerang sistem saraf. Bayi terlihat sehat saat lahir, namun ketika beranjak besar anak kehilangan kemampuan berpikir dan kemampuan fisik.


Sementara penyakit Wiskott-Aldrich menyerang sistem ketahanan tubuh dan membuat anak lebih rentan terkena infeksi, kanker, serta penyakit autoimun. Penyakit ini juga menyerang trombosit sehingga anak mudah berdarah.

"Hasil yang didapatkan dari enam pasien ini cukup baik. Terapi ini tak hanya aman, tetapi juga efektif dan bisa mengubah catatan klinis dari beberapa penyakit langka ini," ungkap ketua peneliti Luigi Naldini dari San Raffaele Telethon Institute for Gene Therapy (TIGET), seperti dilansir oleh US News (11/07).

Pada terapi baru ini, peneliti menggunakan sel batang yang didapatkan dari sumsum tulang pasien. Namun peneliti membutuhkan virus yang bisa menyebarkan agen ini pada sel. Untuk itu, peneliti menggunakan virus HIV. Sekali diinjeksikan pada tubuh, cara ini berhasil mengembalikan protein yang hilang pada organ pasien.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...