Our Sponsors

Saya Tegaskan Bahwa Sebagian Besar Artikel di Blog Ini Berasal Dari Pulsk.

Artikel Yang Tidak Tercantum Sumbernya Adalah Berasal Dari Puslk

Friday, July 19, 2013

Lapisan-Lapisan Dinding Sel

Diagram dinding sel tumbuhan yang terdiri dari dinding sel primer dan dinding sel sekunder. Lamela tengah (midle lamella) adalah bagian yang memisahkan antara sel yang satu dengan sel lainnya (Gambar dari tutorvista.com)
Ada dua lapisan dinding sel tumbuhan, yaitu lapisan dinding sel primer dan lapisan dinding sel sekunder. Dinding sel primer dibentuk saat sel-sel muda masih mengalami pertambahan ukuran. Sedangkan dinding sel sekunder dibentuk di sebelah dalam dinding primer setelah sel berhenti tumbuhan membesar, dan seringkali hanya pada permukaan-permukaan tertentu saja.

Dinding sel tumbuhan sangat bervariasi dalam ketebalan, sebagian tergantung pada fungsi sel-sel dan sebagian pada usia sel. Umumnya, sel-sel muda memiliki dinding yang lebih tipis dari yang sepenuhnya akan dikembangkan, tetapi pada beberapa sel, dinding tidak banyak menebal setelah sel berhenti tumbuh.

Setiap protoplas membentuk dinding sel dengan arah dari luar ke dalam sehingga lapisan paling baru dari dinding yang diberikan adalah pada posisi terdalam dari sel, tepat di sebelah protoplas tersebut. Lapisan selulosa terbentuk pertama kali dan membentuk dinding primer. Lapisan dinding primer merupakan wilayah yang bersebelahan dengan lamella tengah, atau zat antar sel. Lamella tengah diapit oleh dua dinding sel primer dari sel-sel yang bertetangga.

Banyak sel mengendapkan lapisan dinding tambahan; inilah yang disebut dinding sel sekunder. Dinding sel sekunder dibentuk setelah dinding primer, juga oleh protoplas sel dan terletak pada permukaan bagian sebelah dalam dari dinding primer.

0 Comments:

Post a Comment

Budayakan Meninggalkan Komentar Setelah Membaca Sebuah Artikel :)

Copyright by Muhammad Farhan Ammar. Powered by Blogger.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...