Anda dapat membuat filter air jika Anda memiliki kantong plastik.


Berhubung saya (Ammar) pernah ikut pramuka, saya jadi teringat dulu pas kemah di hutan. saya jadi ingin berbagi tips nih buat agan-agan sekalian bagaimana bertahan hidup di hutan terutama dalam artikel ini yang akan saya bahas adalah tentang meperoleh air bersih untuk diminum kalo persedian air bersih agan-agan habis saaat berkemah dihutan. Cekidot !

Karena hutan sangat basah, mengumpulkan air hujan mungkin adalah bagian termudah untuk bertahan hidup. Daun di hutan hujan besar karena terbatasnya jumlah sinar matahari yang mereka dapatkan. Semakin besar daun, semakin banyak sinar matahari dapat menyerap. Daun besar berguna dalam mengumpulkan embun dan air hujan. Jika Anda memiliki sebuah wadah untuk menyimpan air, cukup memiringkan daun ke dalamnya semalam atau selama hujan badai dan Anda memiliki beberapa air minum segar dalam waktu singkat. Jika Anda memiliki poncho, mengikatnya ke sebuah pohon di miring untuk memungkinkan hujan untuk mengumpulkan dan tiriskan. Jika rasanya agak lucu, itu karena air hujan tidak memiliki mineral tertentu yang ditemukan dalam air tanah atau sungai.

Anda akan baik jika Anda dapat menemukan sumber air yang mengalir. Hewan membutuhkan air, sehingga mencari satwa liar atau hewan trek untuk membawa Anda ke sungai. Jika Anda menemukan sebuah sungai, jangan langsung diminum, bisa  saja air tersebut mengandung parasit yang dapat membuat Anda sakit parah. Anda harus memurnikan air direbus di atas api - 10 menit adalah Aturan praktis yang baik. Merebus air berarti Anda perlu api dan kontainer dari beberapa jenis. Jika Anda tidak memiliki wadah, Anda mungkin dapat menemukan aluminium atau kaleng di hampir semua lingkungan alam.Percaya atau tidak, botol plastik juga bekerja untuk mendidih. Salah satu metode adalah untuk benar-benar mengisi botol dengan air, tutup itu danjatuhkan ke dalam beberapa bara panas. Kurangnya udara dalam botol harus menjaga dari mencair. Jika Anda tidak memiliki cukup air untuk mengisi botol, menangguhkan atas api dengan tali atau anggur sehingga api hanya menyentuh bagian bawah. Risiko memasak air dalam botol plastik adalah botol tersebut dapat mencair.Bambu hijau memiliki air jernih dan tidak berbau di dalamnya yang dapat Anda minum. Untuk mengaksesnya, tekuk bagian atas pohon turun sekitar satu kaki dari tanah dan mengikatnya . Potong beberapa inci dari ujung, meletakkan sebuah kontainer di bawah dan biarkan semalam. Keesokan harinya, anda dapat mengkonsumsi air tersebut untuk diminum

 

Cara lain untuk mengumpulkan air. Untuk melakukan ini, Anda akan memerlukan beberapa terpal plastik atau poncho, alat menggali, wadah dan batu.

  • Pilih area lembab yang mendapat sinar matahari untuk sebagian besar hari.
  • Menggali lubang berbentuk mangkuk sekitar 3 meter (91 cm) dan 2 meter (60 cm), dengan sump tambahan, atau lubang yang lebih dalam, di tengah.
  •  Tempatkan kontainer ke dalam bah tersebut.
  • Tempatkan plastik di atas lubang dan menutupi sisi dengan batu dan tanah agar tetap aman.
  • Masukan rock di tengah lembaran dan biarkan menggantung sekitar 18 inci (45 cm), langsung di atas wadah, untuk membentuk kerucut terbalik.

Kelembaban dari tanah bereaksi dengan panas dari matahari untuk menghasilkan kondensasi pada plastik. Sag dalam plastik memaksa kondensasi untuk lari ke bawah dan ke dalam wadah Anda. Sebuah sukses masih dapat memproduksi hingga 1 liter air minum per hari.Ini hanya beberapa metode yang dapat Anda gunakan.
Semoga bermanfaat bagi anda semua ^^ (y)